Selasa, 14 April 2015

Pesona ujung timur pulau Jawa 1

Savana Bekol

Sekitar bulan Maret 2015 PT KAI menjual tiket promo untuk kereta kelas bisnis dan eksekutif. Sudah pasti saya tergoda kalo melihat ada tiket promo hehe, lagipula ini lah kesempatan untuk naik kereta bisnis maupun eksekutif dengan harga yang cukup terjangkau *)biasanya naik kereta ekonomi :D . Kali ini saya berencana ke Jawa Timur, karena sudah lama penasaran dengan Baluran dan Pantai Pulau Merah.

Tanggal 5 April kereta Sancaka mengantarkan saya dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Surabaya. Kereta berangkat tepat pukul 06.45, dan sampai di Stasiun Gubeng Surabaya jam 12 siang kurang sedikit. Saya memiliki waktu sekitar 10 jam di Surabaya sebelum melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi. Karena cukup lama di Surabaya saya putuskan untuk keliling surabaya naik sepeda motor sewaan hehe.

Incaran pertama saya adalah melihat Masjid Cheng Hoo, meskipun letaknya tidak terlalu jauh dari Stasiun Gubeng nyatanya saya harus tanya berkali-kali ke penduduk sekitar hehehe. Sebagian yang saya tanyai heran, kenapa motor plat L kok bisa tidak hapal jalan hehehe. Sekitar 20 menit perjalanan akhirnya sampai juga di Masjid Cheng Hoo.

Masjid Cheng Hoo

Tidak lama saya di Masjid Cheng Hoo karena harus menjemput teman saya di Stasiun Gubeng.  Teman saya dari Stasiun Wates naik kereta Logawa sampai stasiun Gubeng sekitar jam 14.00. Selepas dari stasiun kami putuskan untuk mencari makan siang dan melanjutkan keliling Surabaya-nya.

Setelah makan kita lebih bersemangat memacu motor untuk keliling Surabaya hehehe. Kanjeran Park adalah tujuan kita selanjutnya. Ternyata Kenjeran Park atau disingkat KENPARK mempunyai area yang cukup luas. Di Kenjeran Park ini kita dapat melihat diantaranya Pagoda Tian Ti, Patung Dewi Kwan Im dan pulau Madura dari Kejauhan.

Pagoda Tian Ti

Patung Dewi Kwan Im
Sekitar jam 5 sore saya ditelpon Mas Ali, teman saya yang tinggal di Surabaya. Dia yang menjadi petunjuk jalan ke Jembatan Suramadu, dan Mas Ali-lah yang malemnya mentraktir kita sate klopo Ondomohen yang rasanya Maknyusss... maturnuwun Mas Ali ;)

Jembatan Suramadu

Jam 8 malam kita sudah di stasiun karena motor sewaan sudah mau diambil hehehe. Mas Ali dan temennya *)sory lupa namanya, nemenin kita di stasiun sampe kereta hampir berangkat. Tepat jam 10 malam kereta Mutiara Timur Malam meninggalkan Surabaya menuju Banyuwangi. Di dalam kereta pinjam selimut supaya membantu untuk tidur lebih pulas, nyatanya susah tidur juga hehehe. Setelah 6 jam perjalanan sampailah kita di Stasiun Karangasem yang lumayan dingin pagi itu :).