Rabu, 09 September 2015

Pesona ujung timur pulau Jawa 3

Bersantai di Pulau Merah
Pagi itu badan terasa segar sekali karena tidur sangat nyenyak. Setelah beranjak dari tempat tidur, kita menuju teras rumah/homestay. Pemandangan sawah yang hijau berlatar belakang pegunungan di Banyuwangi dengan ditemani nasi tampol dan kopi membuat pagi itu terasa sempurna hehehe. Pagi itu rencananya saya mau ke Pulau Merah, Pantai Boom dan mencari oleh-oleh. Sedangkan teman saya pagi itu harus kembali ke Jogja karena besoknya sudah masuk kerja. Temen saya dari Stasiun Karangasem naik kereta Sri Tanjung sampai stasiun Lempuyangan.

homestay

Sekitar pukul 8 pagi saya meluncur sendirian ke Pantai Pulau Merah. Jalan yang dilalui kondisinya cukup bagus dan terawat, banyak juga papan petunjuk ke Pantai Pulau Merah di persimpangan jalan. Setelah naik motor sekitar 2 jam sampai juga saya di Pantai Pulau merah. Saat itu pantai cukup sepi pengunjung mengingat bukan pas liburan akhir pekan. Motor kemudian saya parkir tidak jauh dari bibir pantai, mengingat saya tidak menemukan parkiran motor disana. Selanjutnya saya membeli kelapa muda dan bersantai di pinggir pantai, menikmati keindahan pantai. Pagi itu banyak juga peselancar di pantai Pulau Merah.

sepi
Hampir 3 jam saya di pantai ini, kemudian saya memutuskan balik ke homestay untuk makan siang dan tidur siang hehehe. Siang itu saya minta dibikinkan nasi pecel sama pemilik homestay yang ternyata enak juga. Setelah kenyang saya beranjak tidur siang dan bangun sekitar jam 3 sore.

Karena pantai Boom lokasinya sangat dekat dari kota Banyuwangi, jam 4 sore saya baru meluncur kesana. Sore itu pantai Boom lumayan ramai pengunjung, semakin sore saya lihat semakin ramai.Mungkin karena pantai Boom sangat dekat dengan kota Banyuwangi menjadikan pantai ini ramai oleh warga yang ingin menghabiskan sore disini. Dari pantai Boom ini pulau Bali terlihat cukup jelas.

Pelabuhan Boom Banyuwangi

Pulau Bali dilihat dari pantai Boom
Selesai menikmati sunset di Pantai Boom saya meluncur ke kota untuk mencari oleh-oleh. Kaos bertuliskan "Banyuwangi" bisa kita dapatkan di mall yang cukup terkenal di Banyuwangi, sayangnya saya lupa namanya hehehe. Untuk oleh-oleh berupa makanan khas bisa didapatkan di toko sebelah Mall tersebut.

kota Banyuwangi
Segera setelah selesai membeli oleh-oleh saya langsung menuju homestay karena malam itu juga saya harus balik ke Jogja. Selesai mandi dan makan malam saya diantar oleh pemilik rental motor ke stasiun. Setelah menunggu beberapa saat ditemani pemilih rental motor akhirnya kereta Mutiara Timur malam tiba di Stasiun Karangasem, kereta ini yang akan membawa saya ke Surabaya. Selanjutnya dari Surabaya naik Kereta Sancaka menuju Jogja.

Perjalanan kali ini cukup mengesankan, semoga lain kali bisa kembali lagi ke Banyuwangi :)
Terimakasih yang menyempatkan waktu untuk membaca tulisan ini hehehe